LAMPU TENAGA SURYA

LAMTERA.COM
LAMTERA PJU - LAMTERA LAMPU TAMAN .

Kelebihan penggunaan lampu tenaga surya :


1. Energi yang terbarukan / tidak pernah habis
2. Bersih ,Ramah lingkungan
3. Umur Panel surya / Solar cell panjang
4. Praktis tidak memerlukan perawatan
5. Sangat cocok untuk daerak tropis seperti Indonesia



Segera beralih ke Lampu tenaga surya hub kami di

www.lamtera.com



Selasa, 30 Agustus 2011

Kota Hunian dengan Tenaga Matahari


Kota Freiburg atau disebut juga Freiburg im Breisgau (bahasa Jerman Aleman: Friburg im Brisgau) adalah sebuah kota otonom (Kreisfreie Stadt) di Baden-Württemberg, Jerman. Terletak di ujung barat daya Jerman, Freiburg im Breisgau berada di kedua sisi Sungai Dreisam, di kaki Schlossberg.

Yang menarik dari kota Freiburg, sementara kota-kota besar lainnya berlomba merencanakan pembangunan gedung-gedung baru, pemerintah Kota Freiburg malah gencar menciptakan wilayah terbuka. Jadi bila Berlin akan semakin penuh dengan gedung-gedung tinggi, Freiburg tengah berusaha memperluas keasriannya. 
Seperti di salah satu distrik yaitu Distrik Vauban di kota Freiburg, Jerman sangat dicocok disebut sebagai Perkampungan Tenaga Surya. Karena semua rumah hingga perkantoran dalam kawasan ini, semuanya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik mereka.Dimana layout proyek ini dirancang berdasarkan arah orientasi matahari pada daerah tersebut. Disaat musim panas tiba, sinar matahari yang sangat terik tidak sampai masuk kedalam rumah, namun ketika musim dingin tiba, sinar matahari dapat masuk kedalam rumah dan berfungsi sebagai penghangat pasif

Semua rumah (yang berjumlah 58 unit) hingga perkantoran dalam proyek ini, semuanya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik mereka.

Sehingga tak heran jika dianggap sebagai proyek pemukiman tenaga surya paling modern di Eropa.Pada Kompetisi Inovasi yang diselenggarakan oleh majalah Real Estate Manager, proyek ini meraih hadiah pertama.

Perancang proyek ini, Rolf Disch, memfokuskan disain dan layout-nya untuk memaksimalkan penggunaan sinar matahari, seperti misalnya teras rumah yang menghadap ke arah selatan dan jarak antara gedung diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan panas dari matahari mengenai rumah secara tidak langsung.
Dengan kata lain layout proyek ini dirancang berdasarkan arah orientasi matahari pada daerah tersebut.Disaat musim panas tiba, sinar matahari yang sangat terik tidak sampai masuk kedalam rumah, namun ketika musim dingin tiba, sinar matahari dapat masuk kedalam rumah dan berfungsi sebagai penghangat pasif. Energi listrik dihasilkan oleh panel-panel surya atau disebut juga panel pv (photo-voltaic) ditempatkan pada atap bangunan. Energi tersebut disimpan dalam jaringan panel dan bila diperlukan dapat diekstrasi. Sedangkan energi panas yang dihasilkan pemanas air tenaga surya dimasukkan kedalam tabung-tabung, dan kemudian dimanfaatkan sebagai pemanas air dan pemanas ruangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar